Total Tayangan Halaman

Minggu, 13 Mei 2012

Blended learning

Testimoni pribadi Galih Mataro tentang perkuliahan On line (Blended Learnin) dengan program Gtalk

 

Pertama kali saya mendengar perkuliahan on line dari teman-teman dengan harus lebih dahulu meng-install program gtalk disebabkan oleh perkuliahan akan diadakan secara online tersebut namun tetap bertatap muka didalam kelas. Terus terang saya belum pernah menggunakan program gtalk ini sebelumnya. Sehingga saya tidak memahami langkah-langkah atau prosedur pelaksanaan program gtalk ini. Tetapi kalau boleh memilih, sejujurnya saya lebih menyukai kuliah tatap muka di kelas oleh dosen langsung karena mimik, gaya, dan suara dosen saya turut membantu daya tangkap dan memori ingatan saya dalam menguasai bahan ajar atau kompetensi yang hendak dikuasai. Proses belajar tatap muka saya dengan dosen saya rasanya sulit tergantikan oleh teknologi apapun. Proses ini menruut pendapat saya lho merupakan inti mata kuliah psikologi pendidikan. Hubungan saya dengan dosen yang saling berhadapan face to face teaching memberi kesan dan makna tersendiri dan unik bagi saya. Namun saya berusaha dapat mengikuti perkuliahan yang telah ditetapkan oleh bu Dina meski harus puntang panting ditambah dengan adanya hambatan program wifi di laptop saya. Sedapat mungkin saya tetap meng-update setiap informasi yang ada lewat grup Psikologi USU maupun M.K Psi.Pendidikan 2011/2012. 
Dalam mengatasi hambatan program wifi saya, banyak dibantu oleh teman-teman  bahkan kakak  kelas , namun hingga perkuliahan selesai hambatan belum teratasi. Setelah pulang kuliah saya langsung menginstall program wifi LAN di laptop saya sehingga pada waktu perkuliahan mendatang permasalahan tersebut tidak menjadi hambatan lagi. saya menemukan metode belajar baru yang tidak membosankan tetapi tetap memahami materi perkuliahan yang ada dengan metode Blended Learning (yang belakangan saya tahu setelah berdiskusi kelompok, bahwa metode ini disebut Blended Learning).
    
Adapun keunggulan dan kelemahan perkuliahan online hari ini menurut saya adalah:
*keunggulan-keunggulan : sangat inovatif, karena pekuliahan ini rmembuat mahasiswa untuk melakukan  kegiatan belajar secara  aktif dalam perkuliahan. Keaktifan ini membuat mahasiswa mandiri dalam memenuhi bahan-bahan referensi, dan bisa saling berinteraksi satu mahasiswa dengan mahasiswa lainnya. Interaksi  yang intens dan fokus terhadap suatu permasalahan dapat membuat mahasiswa lebih mudah memahami dalam membentuk kesimpulan informasi tertentu. Perkuliahan seperti ini juga menghilangkan kejenuhan karena lebih bebas untuk berinteraksi dengan teman lainnya.
*kelemahan-kelemahan : Perkuliahan on line menghilangkan kesempatan saya untuk face to face teaching dengan dosen dimana kesempatan ini buat saya adalah suatu hubungan yang unik dan sulit digantikan oleh teknologi. Bahasa non-verbal atau mimik, air muka/ekspressi  dosen saya akan berkurang bahkan tidak  terlintas dalam memori saya terutama dalam mengingat pelajaran yang disampaikan oleh dosen. Selain itu  model perkuliahan ini juga membutuhkan keterampilan komputer tersendiri serta terkadang tidak siap didukung oleh akses wifi/hotspot yang cepat karena waktu perkuliahan terbatas. 

Resume dan Testimoni Kelompok Tentang Perkuliahan Blended Learning (Kuliah Online)

BLENDED LEARNING 
Blended Learning ialah proses pembelajaran yang memanfaatkan berbagai macam pendekatan. Pendekatan yang dilakukan dapat memanfaatkan berbagai macam media dan teknologi. Secara sederhana dapat dikatakan bahwa blended learning adalah pembelajaran yang mengkombinasikan antara tatap muka (pembelajaran secara konvensional, dimana antara pebelajar dan pemelajar saling berinteraksi secara langsung, masing-masing dapat bertukar informasi mengenai bahan-bahan pegajaran), belajar mandiri (belajar dengan berbagai modul yang telah disediakan) serta belajar mandiri secara online.
Berdasarkan hasil diskusi kelompok kami terdapat 2 jenis Blended Learning:
1. Blended Learning dengan tetap mengadakan tatap muka dalam perkuliahan, namun menggunakan media-media teknologi yang ada seperti internet, laptop, ipad, hp android, hp smartphones, untuk mendukung pemahaman mahasiswa akan materi pembelajaran.
2. Blended Learning dengan menggunakan sistem Hybrid Learning yaitu dimana memang dilakukan kuliah secara online, tidak ada tatap muka di kelas, namun mahasiswa saling terhubung dengan dosen melalui media konferensi di internet.

Menurut kelompok kami, metode-metode diatas tidak lebih baik satu sama lain dalam membantu pemahaman mahasiswa akan materi pembelajaran, tetapi kedua metode diatas apabila dikombinasikan akan menjadi sangat efektif dalam membantu pemahaman mahasiswa akan materi dalam perkuliahan.
Adapun keuntungan dan kekurangan sistem Blended Learning ini menurut kelompok kami ialah:
* keuntungan:
 - meningkatkan semangat belajar dan keaktifan mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan
 - dikarenakan mahasiswa yang aktif, maka pemahaman akan materi pun semakin baik dan jelas
 - adanya fleksibilitas dalam menjalankan proses perkuliahan
* kekurangan:
 - bagi mahasiswa yang "gaptek" dan malas untuk mengikuti perkembangan, akan kesulitan dan akan tertinggal dalam mengikuti setiap topik perkuliahan, dan juga bagi mahasiswa yang memiliki keterbatasan dalam media yang digunakan dalam sistem ini.
 - dikarenakan sistem blended learning ini secara garis besar sangat bergantung pada koneksi internet, maka apabila koneksi nya bermasalah bukan malah mendukung proses perkuliahan, tetapi malah akan mengganggu.  
Kelompok kami juga mendiskusikan perbedaan antara sistem e-learning dengan sistem blended learning, perbedaannya ialah dimana dalam metode e-learning proses belajar dilakukan secara 1 arah (antara dosen dan mahasiswa) sehingga tidak mengundang keaktifan mahasiswa yang dibutuhkan dalam memahami materi perkuliahan, sementara sistem blended learning terjadi komunikasi 2 arah antara dosen dan mahasiswa lewat diskusi-diskusi yang dilakukan, sehingga apabila mahasiswa aktif maka akan memudahkan dalam memahami materi.
TESTIMONI KELOMPOK
MERRY CHRISTINE (11-054)
Awalnya saya sedikit bingung dengan proses perkuliahan hari ini dengan menggunakan media gtalk, apalagi saya harus membawa laptop yang berat, sehingga semakin menambah kemalasan saya, tetapi saya berusaha mengikuti prosedur perkuliahan dan mencoba metode belajar dengan blended learning ini, hasilnya saya sangat menyukai dan bersemangat untuk belajar, dan saya menjadi paham akan esensi dari perkuliahan hari ini. Terimakasih kepada dosen pengampu mata kuliah psikologi pendidikan yang memberikan saya pengalaman dan pemahaman baru akan belajar seperti ini. 
CYNTHIA MARILYN SITOMPUL (11-070)
Awalnya saya agak pesimis dengan metode belajar blended learning ini karena saya tidak pernah melakukannya sebelumnya dan istilah blended learning ini masih sangat asing di telinga saya. Namun, setelah dicoba, ternyata sangat menarik. Ya mungkin ada plus minusnya, apalagi salah satu teman sekelompok kami memiliki masalah mengkoneksikan wifinya sehingga dia tdk bisa ikut berdiskusi tapi hanya menyampaikan pendapatnya, tapi itu semua dibuat demi kebaikan kami semua. Hasilnya, pengetahuan saya pun bertambah. Dan saya jadi lebih tertarik dan termotivasi untuk mencari pengetahuan yang lebih dengan memanfaatkan internet dan kemajuan teknologi yang ada. Terima kasih kepada Bu Dina yang telah mengenalkan metode ini kepada kami.
GALIH MATARO (11-111)
Menurut saya, metode ini baik. Namun, saya memiliki hambatan dan kesulitan tersendiri dalam mengikuti perkuliahan ini dikarenakan laptop saya tidak bisa terkoneksi dengan jaringan wifi, namun saya tetap memberikan pendapat berkaitan dengan topik yang diberikan yaitu Blended Learning

Tidak ada komentar:

Posting Komentar